Thursday, October 18, 2007

Selamat Iedul Fitri 1428 H


Selamat Iedul Fitri 1428 Hijriyah, Taqqaballahu mina wa minkum…. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-NYA bagi kita semua. Amien ya Rabb al’amien…



Sejak pagi hari berduyun-duyun umat Islam memenuhi lapangan untuk menunaikan sholat Ied 1 Syawal 1428H. Diiring takbir dan tahmid yang bergema memenuhi angkasa biru, manusia-manusia yang telah berpuasa sebulan penuh dalam bulan Ramadhan kini bersiap tuk mengikatkan diri pada ikrar suci kembali.

Walau di Indonesia terdapat perbedaan penetapan 1 Syawal 1428H, namun hal ini tidaklah sampai menimbulkan perpecahan. Banyak kaum dhuafa, para pengemis dan tukang pengumpul koran bekas bersyukur, karena mereka bisa dua kali mendapat kasih dan sayang dari saudara-saudaranya seiman. Mudah-mudahan pada hari yang fitri tahun depan, mereka telah berubah dari yang menengadahkan tangan menjadi tangan yang memberi, dari yang meminta-minta menjadi yang menyumbangkan, dari yang memelas menjadi ceria.

Ramadhan merupakan ujian bagi setiap Muslim sedunia. Barangsiapa yang lulus, maka manusia lain akan dapat melihatnya berubah total dari seorang yang kelihatan biasa saja menjadi seseorang yang luar biasa. Namun siapa yang tidak lulus kali ini, mudah-mudahan tahun depan bisa kembali mengalami Ramadhan agar menjadi lebih baik.

Mudah-mudahan, Iedul Fitri tahun depan para pemimpin kita bisa sedikit merendahkan diri untuk mendahulukan ukhuwah Islamiyah ketimbang ashobiyah dan sikap menang sendiri. Masih teramat banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi. Semoga Iedul Fitri tahun depan, seluruh umat Islam setidaknya di negeri ini bisa melakukan sholat Ied dan merayakan hari kemenangan yang fitri ini bersama-sama. Semoga.

Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kita kesempatan lagi untuk menikmati Ramadhan dan Iedul Fitri tahun depan. Agar kita semua bisa menaikkan derajat ketakwaan dan kebersihan hati. Amien.






No comments: